Siapa pengabdian itu ? Itulah kami Para Dokter

Dokter (dari bahasa Latin yang berarti "guru") adalah seseorang yang karena keilmuannya berusaha menyembuhkan orang-orang yang sakit. Tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut dokter. Untuk menjadi dokter biasanya diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus dan mempunyai gelar dalam bidang kedokteran. (wikkipedia)
kalo menurut saya dokter itulah yang disebut pengabdian itu karena selalu menolong orang, dengan kerendahan diri :) serta apa adanaya, tdk memilih pasien. Kata ini pernah saya dengar dari salah satu kakak senior saya.
Untuk menjadi seorang dokter memang tidaklah mudah.
DOKTER, ada banyak orang yang mengingini profesi ini, padahal sudah sulit masuk , dan sulit kelarnya. tapi masih banyak juga adik2 SMA yg ingin masuk fakultas kedokteran. Ada  teman saya yang sudah semester 5 di fakultas lain, tapi ketika dia medaftar di fakultas kedokteran dan dia di terima, dia meninggalkan fakultas lamanya dan mulai dari awal...
Menjadi dokter apakah terjamin hidupnya ? Tergantung ,,,
Jika kita menjadi dokter itu harus belajar sepanjang hayat ,,, Saya mempunyai buku Ilmu Penyakit Dalam tahun 97,, saat saya pake untuk Diskusi Tutorial, Dokternya tanya,, sumber dari mana jawaban kamu ? saya menjawab IPD tahun 97 dok . Hah? tahun 97 ? sebaiknya kamu pergunakan yang tahun ini yah, karena sudah ada pengobatan yang lebih canggih dan baik, ada beberapa pengobatan lama sudah ditinggalkan "kata dokter". Wah, saya pun lngsung menyiman buku itu di Kamar,, yahh,, otomatis harus beli yg terbaru ... JADI ? Sumber2 buku pun bisa dikatakan mahal. Untuk menjadi dokter itu memang mahal .
Saat di Semester pertama, ruangan saya pernah dihukum ..wah itu sangat mengejutkan ,, --" tapi ternyata kami hanya ditegur dan diberikan nasihat. DAN, nasihat yang saya ingat dan tertanam dalam hati dan pikiran saya adalah kata dokter itu " KALIAN, jangan sampai pasien kalian MATI hanya karena KEBODOHAN kalian sendiri"
Kata2 itu selalu terngiang-ngiang di telinga saya ...dari kata2 itu seperti di pundak saya terpikul beban yang sanagt berat tapi penuh hikmat dan rasa tanggungjawab yang harus dibanggakan.
MAu tahu kenapa kami desebut pengabdian ?
Contoh : Saat anda ingin ke bank, tentunya anda harus bergaya rapih, serta wangi untuk ke bank.
Beda jauh dengan ke dokter ! Bagaimanapun kondisi anda, pasti anda akan pergi dengan gaya apa adanya, bahkan terlihat mamalukan ,, :D saya pernah bergaya memalukan saat ke dokter dulu.
Pernah kami disebut sebagai anak MANJA. tapi tak masalah, mungkin kami di rumah anak manja, tapi saat di rumah sakit, kami bukan anak manja. Kenapa ? karna bagaimana seorang anak manja memebersihkan kotoran nenek2 yang sakit parah sudah tidak bisa bangun dari tempat tidur ? Bagaimana anak manja tidak tidur 1 hari, bahkan dua hari untuk jaga malam, menjaga unit gawat darurat RS ? Bagaimana bisa dikatakan anak manja rela dirinya masuk ke ruang pasien TB untuk mengambil sampel mukus  ? itu kayak bunuh diri. Tapi apa daya ? Untk mencapai kesuksesan memnag harus dimulai dari bawah, nggk ada yang instan,, :) dan ketika anda telah menjadi dokter yang profesional, tidak mengandalkan diri sendiri, tapi tetap dengan meminta pertolongan Tuahn, Anda tidak akan sia2 memilih profesi ini.
Kami yang ada di fakultas kedokteran bukanlah suatu kebetulan, tapi memang ssudah jalan Tuhan.
Masih tertarikah anda masuk kedokteran ?
think twice

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sedikit Sedih

Mari Bersyukur